Digital clock

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 12 Januari 2013

Baringan??

Berikut ini adalah beberapa macam baringan,

1. Baringan penuntun    Yaitu baringan dimana 2 benda darat kelihatan menjadi satu. dapat juga satu benda dipakai sebagai penuntun  dengan baringan nya sudah tertera di peta. Selama kapal berada pada garis baringan itu maka kapal akan tetap aman.   

2. Baringan silang        Yaitu baringan dimana kedua perpotongan  garis baringan adalah posisi kapal.  

3. Kombinasi baringan dan jarak.       Jarak nampak suar yang telah diketahui setelah di koreksi dengan tinggi mata. Kedudukan kapal adalah perpotongan baringan dengan lingkaran jarak tampak yang sudah di koreksi tadi.  

 4. Kombinasi baringan dan peruman         Tempat kedudukan kapal dipeta didapat dai baringan yang dilakukan pada kedalaman yang diukur    pada waktu yang bersamaan. 

 5. Baringan yang di geserkan         Misalkan baringan pertama dari sebuah benda diambil  pada jam 08.20 Baringan kedua diambil pada jam 08.40. jarak yang ditempuh selama 20 menit adalah 20/60 x kecepatan  kapal rata-rata. Dari titik poros garis baringan pertama dengan haluan diukur jarak yang telah ditempuh. Di titik  ini di tarik garis baring kedua (geser), yang memotong garis baringan kedua di posisi kedua.  

 6. Baringan khusus        

 a. Baringan 4 surat (45 derajat)          

 b. Baringan 30 dan 60  atau 7/8            

c. Baringan 2 dan 4 surat (22,5 dan 45 atau 7/10)

d. Baringan 26,5 dan 45  

Ditulis Oleh : Serra Kusuma // 11.09
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About